Perbedaan Hamil Anggur dan Hamil Kosong Yang Perlu di Ketahui

Diposting pada

Perbedaan Hamil Anggur dan Hamil Kosong Yang Perlu di Ketahui – Pada kehamilan yang normal, embrio tercipta dalam rahim serta tumbuh jadi janin.

Tetapi, perihal tersebut tidak terjalin pada perempuan yang hadapi hamil anggur ataupun hamil kosong. Kedua keadaan ini tidak membolehkan terbentuknya perkembangan janin, serta pada permasalahan yang lebih serius, bisa membahayakan bunda dan janinnya.

Hamil Anggur dan Hamil Kosong

Perbedaan Hamil Anggur dan Kosong

Selalu dihubungkan satu sama lain, hamil anggur serta hamil kosong sesungguhnya merupakan dua keadaan yang berbeda. Keduanya memunculkan tanda kehamilan yang sama, tetapi bersamaan waktu bisa menimbulkan indikasi serta komplikasi yang bermacam- macam. Berikut perbandingan antara keduanya:

Hamil anggur ataupun mola hidatidosa merupakan komplikasi kehamilan sangat jarang yang diisyarati dengan perkembangan tumor jinak di dalam rahim. Tumor tersebut berasal dari kumpulan sel trofoblas yang semestinya tumbuh jadi plasenta.

Mengutip National Health Service, kehamilan anggur dibagi jadi dua kategori, yaitu:

  • Hamil anggur lengkap, disaat tumor berkembang penuhi rahim serta tidak terdapat embrio yang tercipta. Tumor tumbuh menyamai kista berisikan cairan.
  • Hamil anggur sebagian, disaat jaringan plasenta normal berkembang bersama jaringan tumor jinak. Embrio dapat saja tercipta, tetapi umumnya tidak bertahan lama.

Berbeda dengan hamil anggur, hamil kosong merupakan keadaan pada saat sel telur yang telah dibuahi melekat pada rahim, tetapi tidak tumbuh jadi embrio. Pada sebagian permasalahan, embrio yang tercipta berhenti berkembang serta diserap kembali oleh badan bunda.

Plasenta bisa terus tumbuh serta bertahan tanpa janin sepanjang beberapa minggu. Hormon kehamilan pula senantiasa naik sehingga bunda yang hadapi hamil kosong yakin kalau dia masih hamil. Umumnya, keadaan ini baru ditemukan dikala pengecekan USG.

Penyebab

Hamil anggur diakibatkan oleh kesalahan genetik pada sel telur yang dibuahi. Sel badan manusia yang normal memiliki 23 pasang kromosom. Tiap pasang kromosom terdiri atas satu kromosom dari sel ayah serta satu kromosom dari sel bunda.

Pada hamil anggur lengkap, terdapat sel telur kosong yang dibuahi sperma. Seluruh modul genetik kesimpulannya tiba dari sperma, sebaliknya kromosom sel telur jadi tidak aktif.

Sedangkan pada hamil anggur sebagian, sel telur dibuahi dua mani. Dampaknya, sel telur memperoleh kromosom ekstra yang menimbulkan kelainan.

Pemicu hamil kosong pula berhubungan dengan genetik semacam halnya hamil anggur. Kelainannya, hamil kosong diakibatkan oleh kelainan kromosom pada embrio.

Badan bunda mengidentifikasi kelainan ini, kemudian secara alamiah menyudahi meningkatkan embrio sebab embrio bakal berkembang jadi janin yang tidak sehat.

Gejala

Hamil anggur awal mulanya tidak memunculkan indikasi apa pun. Kehamilan berjalan wajar, serta keluhan yang timbul sangat mirip dengan ciri kehamilan pada biasanya. Walaupun demikian, tidak sedikit pula perempuan yang hadapi indikasi berbentuk:

  • Perdarahan Miss V pada trimester awal kehamilan
  • Keluar cairan encer bercorak kecokelatan dari Miss V
  • Mual serta muntah yang parah
  • Panggul terasa perih ataupun semacam ditekan
  • Terkadang, keluar bulatan kecil semacam anggur dari Miss V
  • Tekanan darah besar, anemia, ataupun hipertiroidisme

Perempuan yang hadapi hamil kosong awal mulanya pula tidak menampilkan indikasi apa pun serupa pada hamil anggur. Hasil uji kehamilan bisa jadi positif serta haid mulai terhenti serupa kehamilan normal.

Tetapi, kehamilan kosong lambat laun bisa memunculkan indikasi berbentuk:

  • Kram perut
  • Keluar bintik darah ataupun perdarahan dari Miss V
  • Haid yang lebih berat dibanding biasanya

Indikasi tersebut mungkin ialah isyarat keguguran. Walaupun begitu, tidak seluruh perdarahan senantiasa berakhir dengan keguguran. Apabila Kamu hadapi indikasi tersebut, lekas memeriksakan diri ke dokter kandungan buat membenarkan penyebabnya.

Cara Mengatasinya

Mayoritas permasalahan kehamilan anggur bakal terhenti dengan sendirinya. Dokter umumnya menganjurkan dua opsi prosedur buat mengeluarkan jaringan tumor pada rahim, ialah dengan meminum obat- obatan ataupun lewat prosedur dilatasi serta kuretase ( D&C ).

D&C merupakan pembedahan pengangkatan jaringan dari dalam rahim. Dokter bakal melebarkan mulut rahim memakai perlengkapan khusus. Sehabis rahim terbuka, prosedur dilanjutkan dengan mensterilkan jaringan plasenta yang tersisa di dalam rahim.

Sedangkan itu, hamil kosong biasanya berakhir jadi keguguran serta sisa jaringan hendak keluar sendiri dari badan. Akan tetapi, perempuan yang hadapi hamil kosong bisa pula menempuh kuretase bila cocok dengan gejala buat memudahkan keluarnya sisa jaringan dari rahim.

Hamil anggur serta hamil kosong merupakan dua kelainan sangat jarang yang menimbulkan embrio gagal tumbuh jadi janin. Walaupun berakibat sama, keduanya diakibatkan oleh aspek yang bermacam – macam serta memunculkan indikasi yang juga berbeda.

Memberikan informasi akurat tentang bagaimana cara menggugurkan kandungan dengan cepat.